Bagaimana sih Cara Menulis Artikel di Blog yang Benar?

Masih banyak blogger - blogger pemula yang masih sibuk belajar tentang Bagaimana Cara Menulis Artikel Blog yang Benar. Awalnya, semua blogger Indonesia pasti merasakan kendala utama ini ketika memulai blog. Seperti pengakuan dari Mas Sugeng sendiri yang mengatakan bahwa dirinya tidak bisa menulis pada awal ingin membuat blog.

Ada banyak cara untuk menulis artikel di blog. Dan saya tau, teman - teman blogger yang lain pasti telah banyak membacanya dari blog - blog lain. Namun, artikel ini tidak hanya sebuah teori kosong. Artikel ini berdasarkan dari pengalaman saya sendiri
Cara Menulis Artikel di Blog yang Benar

"Bagaimana sih Cara Menulis Artikel yang bikin Pengunjung betah?"

"Apa sih yang bikin pengunjung betah berlama - lama di blog kita?"

Sebenarnya, kedua pertanyaan diatas dan juga pertanyaan lainnya memiliki tujuan yang sama. Tujuan itu tidak lain dan tidak bukan untuk meningkatkan minat pembaca pada artikel yang tersedia di dalam blog kita.

Sebelum kita memulainya, saya ingin tau terlebih dahulu. "Apa tujuan utama anda ketika memulai blog?". 
- Apa karena mendengar bahwa blog bisa menghasilkan uang?
- Apa hanya sekedar hobi, dan memilih blog sebagai wadah?
- Atau karena ingin belajar dan berbagi secara ikhlas kepada para pembaca?

Apa tujuan anda?

Tidak ada yang salah dengan ketiga pertanyaan diatas. Blog memang dapat menghasilkan uang, menjadi wadah perkembangan bakat. dan untuk belajar, bereksperimen serta berbagi wawasan.

Saya adalah blogger dengan tujuan utama nomor 3. Pertanyaan lainnya adalah tidak merupakan tujuan utama saya. Ketika anda memilih pertanyaan nomor 3, anda akan benar - benar memuaskan pembaca lewat blog anda. Hasilnya akan maksimal dari pada jika anda memilih pertanyaan pertama atau kedua sebagai dasarnya dalam membuat blog.

Lalu, Inilah Cara Menulis Artikel di Blog yang Baik dan Benar

Menulis Dengan Niat

Salah satu kesalahan blogger pemula ketika mulai terjun ke dunia blogger adalah, menulis konten atau artikel blog dengan sembarangan tanpa ada nilai manfaat untuk para pembaca. Artikel adalah faktor pertama sebuah blog. Suatu blog yang tidak memiliki konten yang baik, bagaikan sebuah rumah yang dibangun dari bahan bekas. Tidak bersih, kumuh dan tidak nyaman untuk ditinggali. Benar?

Baca Juga: 

3 Keuntungan Menjadi Seorang Penulis

Saya berharap, setelah membaca artikel ini, mulailah untuk menulis dengan niat yang baik. Artikel yang baik akan membuat para pembaca senang dan akan kembali terus menerus hanya untuk sekedar membaca tulisan anda yang wow

Hindari kalimat berulang di dalam Tulisan anda.

Kalimat yang ditebalkan, dan tampil berulang - ulang di dalam artikel mungkin dianggap sebagai suatu keyword yang sengaja ditekan untuk optimasi SEO (Search Engine Optimization) onpage. Menurut referensi di internet tentang optimasi SEO, kalimat keyword yang berulang maksimal ada di setiap 100 kata. 1 keyword dalam 100 kata. Dan bila anda mampu menulis 500 kata dalam satu artikel, anda hanya bisa mengulang keyword sebanyak 5 kali.

Beberapa blog beranggapan bahwa 'semakin banyak keyword yang diulang, maka semakin baik peringkat blog di search engine'. Benarkah? TIDAK. Sedikit tentang SEO, bahwa keyword yang diulang dalam jumlah banyak dalam satu artikel dengan jumlah kata yang minimal adalah suatu artikel yang akan dianggap SPAM oleh mesin crawl Google.com

Lalu bagaimana cara menghindari kalimat berulang Agar Artikel saya Nyaman dibaca Pengunjung?.

- Pikirkan secara matang ide anda sebelum menulis artikel
- Perbanyak referensi dengan membaca artikel yang berkaitan dengan apa yang akan anda tulis
- Perhatikan cara penulisan blog lain, ambil positifnya dan buang jauh - jauh negatifnya.

Ubah Mindset anda. Tentukan Tujuan Anda kembali dari Sekarang

Seperti yang telah dikatakan diatas, ketika anda lebih mementingkan pembaca terlebih dahulu, otak anda akan memikirkan segala cara untuk membuat mereka senang dan nyaman. Salah satu kendala blogger pemula adalah tidak memikirkan pembaca. Ia hanya akan menulis dan menulis seperti yang dituntut blogger pada umumnya.

Jauh berbeda dengan blogger yang benar - benar seorang blogger sejati. Walaupun tidak dituntut harus menulis dan menulis, mereka akan terus berbagi dengan harapan Agar Para Pembaca Senang Berada di Blognya. Ketika tujuan utamanya tercapai, barulah ia akan memikirkan bagaimana cara memonetize blog mereka.

"Mulai sekarang, ubah mindset anda, karena mindset adalah doa"

Postingan terkait:

2 Tanggapan untuk "Bagaimana sih Cara Menulis Artikel di Blog yang Benar?"

  1. bener banget, yang penting kontennya bermanfaat untuk pembaca. daripada ngejar setoran bikin banyak artikel tapi gak berkualitas

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya sob. Kebanyakan dari blogger pemula memulai blognya dengan tujuan yang salah. Bahkan, sempat ada waktu untuk jalan - jalan di blog Indonesia, bukan konten yang bermanfaat yang saya dapatkan, malahan iklan memenuhi tampilan blog dan pop up sana - sini. Semoga dengan artikel ini, mereka dapat memperbaikinya.

      "Sempurnakan Blogger Indonesia"

      Delete